BISNIS LEWAT APLIKASI VIRAL TIKTOK

  CARA BISNIS DI APLIKASI TIKTOK


TIKTOK merupakan platform video pendek yang memungkinkan pengguna berimajinasi dan mengekspresikan ide secara bebas dalam bentuk video pendek.

TIKTOK merupakan platform video pendek yang memungkinkan pengguna berimajinasi dan mengekspresikan ide secara bebas dalam bentuk video pendek.

Hampir 4 tahun setelah diluncurkan, TikTok mengalami ledakan popularitas. Pada akhir 2019, tercatat terdapat 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Aplikasi ini juga digandrungi oleh berbagai kalangan di Indonesia, termasuk figur publik.
Namun, tidak banyak orang mengetahui asal mula kehadiran TikTok yang telah menjadi candu ini.


Berikut 9 strategi meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok :

 
1. Gunakan Hastag yang sesuai
Melalui menu Discover, video akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang trending. Penggunaan hashtag ini akan membantu Anda meluaskan penyebaran konten pemasaran bisnis.
 
2. Ikuti trend di TikTok dan buat konten seru 
Buatlah versi atau bahkan trend baru yang khas dan unik dari brand bisnis online Anda. Konten yang menarik otomatis akan menarik banyak calon pelanggan baru yang datang dan meng-klik tombol follow akun bisnis online Anda.
 
3. Kolaborasi dengan influencer TikTok
Bangun hubungan baik dengan influencer yang punya audience sesuai target market Anda menjadi cara lain untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok.Anda perlu menganalisis audience dari influencers tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah audience influencer ini cocok dengan target pemasaran produk Anda.
4.Buat Hashtag challenge
Membuat hashtag challenge merupakan cara efektif untuk menambah engagement dan brand awareness bisnis online Anda. Buatlah hashtag yang catchy, mudah diingat, dan relevan dengan brand Anda.Tuangkan kreativitas Anda dan buatlah challenge seru serta mudah diikuti oleh pengguna TikTok. Pengguna TikTok sangat antusias dalam mengikuti challenge seru dan mengupload hasil kreasinya.
 
5. Post komentar dan ajak penonton untuk komentar di post anda
Bangun percakapan di kolom komentar dengan calon konsumen Anda. TikTok mengurutkan komentar berdasarkan jumlah likes. Anda juga bisa post komentar di video konsumen yang membahas produk Anda. Buatlah komentar dengan tulus, menarik, dan sesuai dengan persona brand bisnis online Anda.
 
6. Sering posting video 
Anda juga bisa meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok Anda dengan sering membuat posting. TikTok memberi penghargaan bagi akun yang sering buat konten di akunnya. Siapkan setidaknya dua konten setiap harinya. Agar pembuatan konten lebih mudah dan terkontrol, sebelum posting Anda bisa buat editorial content plan serinci mungkin dan sesuai dengan intensitas posting yang Anda inginkan.
 
7. Gunakan efek video yang tersedia
Supaya membaur dengan pengguna TikTok lainnya, buatlah konten yang memanfaatkan fasilitas efek dari TikTok. Anda bisa klik tab Effects dan cek macam-macam kategorinya seperti trending, new, interactive, editing, beauty, funny, world, animal, dan lain sebagainya.TikTok juga punya efek green screen yang cukup populer digunakan di berbagai postingan viral. Berkreasilah dengan efek yang ada di TikTok.
 
8. Buat video menarik dengan caption yang jelas
TikTok mempunyai batas durasi video maksimal 3 menit. Durasi terbatas ini perlu Anda manfaatkan dengan baik, jangan hanya buat posting video iklan saja. Sampaikan nilai-nilai tertentu dalam tiap konten supaya menarik dan diminati target pemasaran Anda. Gunakan kata kunci yang penting dan relevan dalam kalimat yang ringkas, baik, dan benar. Hal ini dilakukan agar konten dan produk yang sedang Anda pasarkan dapat ditemukan dengan mudah.
 
9. Pasang iklan 
Beberapa jenis iklan yang disediakan TikTok di antaranya adalah, Pre-roll ads atau iklan video yang muncul setelah buka aplikasi, In-feed ads yang muncul di tengah feed akun, Promoted hashtag challenges atau video promosi hashtag tertentu, dan Branded effects yang menyediakan filter yang dapat menampilkan informasi brand tertentu. Dengan berbagai macam fitur iklan ini, Anda bisa berkreasi sesuai dengan tren dan fasilitas yang ada. Buatlah iklan yang tidak hanya mencuri perhatian penonton, tapi juga membangun keinginan penonton untuk coba gunakan produk atau jasa Anda.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tugas 1 - membuat kabel LAN